Jakarta, Fundflow – Platform kredit digital untuk konsumen ritel alias pinjaman online (pinjol) Kredivo menggandeng Ramayana untuk perdalam penetrasi layanan Paylater di kota tier 2 dan 3. Pengguna Kredivo kini dapat memanfaatkan layanan ‘bayar belakangan’ tersebut di 101 gerai Ramayana di seluruh Indonesia.
VP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari mengatakan, pihaknya optimistis kolaborasi tersebut dapat mengoptimalkan momentum pertumbuhan sektor ritel di kota non-metropolitan melalui penggunaan Paylater.
“Melalui jaringan kuat Ramayana di seluruh pulau di Indonesia, kami berharap upaya perluasan layanan kredit digital ini dapat mengakselerasi ekonomi daerah, khususnya geliat industri ritel fesyen di kota tier 2 dan 3,” kata Indina dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/8/2022).
Alasannya, kata dia, berdasarkan data internal dari Kredivo, pengguna Paylater di area tier 2 dan 3 naik sebesar 52% pada semester I-2022 dibanding periode yang sama tahun lalu. Dari pengguna Paylater itu, pembelanjaan produk kategori fesyen menempati posisi pertama sebagai kategori produk dengan transaksi terbanyak di kalangan masyarakat kota tier 2 dan 3 dengan proporsi 20,1 %, disusul produk makanan (18,3%) dan produk kesehatan (18,6%).
Head of Loyalty Program & Merchant Acquisition Division Ramayana Alexander A. Tumbel mengatakan, Ramayana melihat di tengah pertumbuhan ekonomi kota tier 2 dan 3, integrasi layanan keuangan digital dengan gerai fisik yang seamless jadi kunci menjawab kebutuhan konsumen era digital.
“Integrasi online dan offline jadi kunci, dan kami sebagai pemain terdepan di industri ritel Indonesia siap menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran yang inovatif, seperti Paylater. Kami optimis dengan kerja sama kami dengan Kredivo dapat menjadi pendorong tumbuhnya industri ritel di Indonesia,” ucap Alexander.
Sementara itu, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Setyadi Surya mengatakan, kolaborasi antara layanan keuangan digital dan ritel merupakan terobosan yang tepat dilakukan. Menurut dia, layanan keuangan digital dapat menguntungkan kedua pihak baik dari sisi konsumen maupun sisi ritel dalam proses jual beli dan keberlanjutan bisnis.
“Saya harap dengan kemitraan antara Kredivo dan Ramayana dapat menjadi bukti nyata bahwa kedua industri ini dapat saling mendukung terhadap potensi industri masing-masing, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas dia.
Discussion about this post